Selasa, 19 Februari 2019

RPP Sejara Indonesia Kelas X No. 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) no. 1



Satuan Pendidikan       :  MAN CIMAHI

Mata Pelajaran             :  SEJARAH INDONESIA (WAJIB)

Kelas/ Semester           :  X /1

Alokasi Waktu             :  10 x Pertemuan / pertemuan ke 1 s.d 10 (10 x 90 menit)



A.     Kompetensi inti (KI) :

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.





B.     Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar
1.1    Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia
2.1    Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
2.2    Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.3    Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.4    Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.5    Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah



3.2    Memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah
3.3    menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutero melayu)
3.4    memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat
4.1    Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau  bentuk lain.
4.2    menerapkan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam mengkaji peristiwa sejarah
4.3    menyajikan informasi mengenai kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa indonesia (melanesoid, proto, dan deutero melayu) dalam bentuk tulisan
4.4    menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan



C.       Indikator Pencapaian Kompetensi

Pertemuan ke 1

1.       Menjelaskan pengertian kronologis, diakronik, sinkronik,ruang dan waktu dalam sejarah
2.       Menerapkan berpikir kronologis, diakronik, sinkronik dalam memahami dan merekonstruksi sejarah yang dipelajari
3.       Menjelaskan pengertian pra-aksara















Pertemuan Ke 2

1.      Menjelaskan proses alam terjadinya Kepulauan Indonesia
2.      Mengidentifikasi jenis flora dan fauna di Kepulauan Indonesia

Pertemuan Ke 3

Menganalisis penelitian manusia pra-aksara

Pertemuan Ke 4

Menganalisis jenis manusia pra-aksara

Pertemuan Ke 5

Perdebatan Antara Pithecantropus ke Homo erectus

Pertemuan Ke 6

Menjelaskan asal daerah nenek moyang bangsa Indonesia

Pertemuan ke 7

Menganalisis keterkaitan antara rumpun bangsa Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid dengan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Pertemuan ke 8

Menganalisis keterkaitan antara rumpun bangsa Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid dengan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Pertemuan ke 9

Menganalisis hasil-hasil kebudyaann batu zaman pra-aksara

Pertemuan ke 10

1.      Menganalisi tradisi megalitik dan kaitannya dengan kepercaayaan masyarakat

2.      Mengidentifikasi hasil budaya pra-aksara yang sekarang masih ditemukan di lingkungannnya



D.     Tujuan pembelajaran

Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan

Pertemuan Ke 1

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu :

1.         menjelaskan pengertian kronologis, diakronik, sinkronik

2.         menjelaskan pengertian pra-aksara

3.         membandingkan pengertian pra-aksara dengan pengertian prasejarah, sehingga menemukan alasan buku ini menggunakan istilah pra-aksara,

4.         menunjukkan contoh konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam menulis sejarah.



Pertemuan Ke 2

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu:

1.         menjelaskan proses terjadinya Kepulauan Indonesia

2.         menganalisis pembabakan waktu masa pra-aksara.

3.         menganalisis kaitan antara terjadinya Paparan Sunda dan Paparan Sahul dengan penyebaran jenis flora dan fauna di Kepulauan Indonesia

4.         mengambil hikmah tentang letak dan kondisi geologis Kepulauan Indonesia

5.         meningkatkan rasa syukur karena kekayaan flora dan fauna di Kepulauan Indonesia



Pertemuan Ke 3

1.         menganalisis Sangiran sebagai pusat perkembangan manusia purba

2.         menganalisis beberapa temuan fosil di Sangiran; dan

3.         menganalisis beberapa temuan fosil di Trinil



Pertemuan Ke 4

Setelah mengkuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu:

1.         menganalisis jenis dan ciri-ciri manusia pra-aksara.

2.         mengklasifikasi jenis manusia pra-aksara.



Pertemuan Ke 5

Setelah mengkuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu:

1.            menjelaskan evolusi perkembangan manusia; dan

2.            mengetahui teori-teori evolusi.



Pertemuan Ke 6

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu:

1.       menganalisis migrasi dan penyebaran ras asal usul nenek moyang bangsa Indonesia; dan

2.       menganalisis keterkaitan antara migrasi nenek moyang bangsa Indonesia dengan persebaran ras proto melayu, dan deutro melayu.



Pertemuan ke 7

1.      menganalisis migrasi dan penyebaran ras asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

2.      menganalisis keterkaitan antara migrasi nenek moyang bangsa Indonesia dengan persebaran Melanosoid dan Negroid.



Pertemuan ke 8

1.      menjelaskan pola hunian manusia pra-aksara;

2.      menganalisis keterkaitan antara pola hunian dengan mata pencarian manusia pra-aksara;

3.      menganalisis keterkaitan sistem kepercayaan manusia pra-aksara dengan corak kehidupannya.

Pertemuan ke 9

1.      menganalisis pembabakan waktu masa teknologi bebatuan;

2.      menganalisis hasil-hasil kebudayaan masa paleolitikum;

3.      menganalisis perkembangan teknologi bebatuan masa mesolitikum.

Pertemuan ke 10

1.         menganalisis perkembangan teknologi mengenal api dan konsep ruang masa neolithikum;

2.         menganalisis makna revolusi kebudayaan masa neolitikum



E.   Materi Pembelajaran

Pertemuan Ke 1

1.    Pengertian pra aksara dan pra sejarah

Pertemuan Ke 2

1.         Terbentuknya Kepulauan Indonesia”

2.         Perkembangan bumi dan munculnya makhluk hidup

Pertemuan Ke 3

1.         Penelitan manusia purba

Pertemuan Ke 4

1.        Jenis manusia masa pra-aksara

Pertemuan Ke 5

1.         Perdebatan Antara Pithecantropus ke Homo erectus

Pertemuan Ke 6

1.         asal-usul dan penyebaran ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia

Pertemuan Ke 7

1.         asal-usul dan penyebaran ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia

Pertemuan Ke 8

1.         pola kehidupan manusia pra-aksara

Pertemuan Ke 9

1.         perkembangan teknologi bebatuan masa pra-aksara, terutama masa Paleolitikum dan Mesolitikum.

Pertemuan Ke 10

1.         teknologi mengenal api, masa revolusi kebudayaan dan teknologi arsitektur.



F.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (absensi, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Guru menyampaikan topik tentang masa “sebelum mengenal tulisan”. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan. Diusahakan masing-masing peserta didik bisa tampil untuk memperkenalkan diri (minimal sebut nama, alamat, cita-cita), terakhir guru memperkenalkan diri.
-          Guru memberikan motivasi dan bersyukur bisa bersekolah, apalagi kalau dibandingkan dengan masa pra-aksara dulu
-          Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan komptensi yang akan dicapai.
15 mnt
Inti
-          Guru dapat menunjukkan ilustrasi/gambar tentang kehidupan manusia purba
-          Guru menyajikan cerita tentang realitas kehidupan masyarakat pedalaman Indonesia yang belum mengenal tulisan. Misalnya cerita Anak Suku Dalam di Jambi.
-          Dibawah bimbingan guru, masing-masing kelompok diberikan  kesempatan untuk mengajukan pertanyaan,
-          Masing-masing anggota kelompok memberikan kontribusi dengan turut serta  mengajukan pertanyaan sehubungan dengan topik yang diberikan
-          Guru kemudian memberikan gambaran bahwa saat ini di Indonesia masih ada masyarakat yang belum mengenal tulisan (pra-aksara) seperti yang terjadi pada masyarakat Suku Anak Dalam. Lalu yang penjadi pertanyaan adalah apa yang dimaksud dengan masa pra-aksara? Jika dikaitkan dengan peradaban awal, bagaimana cara kita meneliti masa ketika manusia belum mengenal tulisan. Pembahasan mengenai hal ini dapat dilihat pada halaman satu sampai lima
-          Siswa mengumpulkan data untuk menemukan jawaban dengan membaca buku paket dan sumber-sumber lainnya.
Siswa memberikan tanda pada kata-kata kunci (key word) pada buku teks dan membuat ikhtisar.
60 mnt
Penutup
-          Peserta didik dapat ditanya apakah peserta didik sudah memahami materi tersebut.
-          Klarifikasi/kesimpulan peserta didik dibantu oleh guru menyimpulkan materi
-          Peserta didik melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh setelah belajar
-          Guru sekali lagi menegaskan agar para peserta didik tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Esa yang telah memberikan kekayaan dan keindahan tanah air Indonesia,
-          Guru melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran, misalnya dengan mengajukan pertanyaan:
1.      Mengapa istilah pra-aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan  kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.
2.      Bagaimana secara metodologis dapat mengetahui kehidupan manusia padahal belum mengenal tulisan.
3.      Mesir mengakhiri masa pra-aksara sekitar tahun 3000 S.M, tetapi di Indonesia baru abad ke-5 M. Mengapa demikian?
4.      Apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada masa pra-aksara?
15 mnt



Pertemuan ke 2

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa
-          Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Guru menyampaikan topik tentang proses terjadinya Kepulauan Indonesia.
-          Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan komptensi yang akan dicapai.
-          Guru membagi kelas menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI)
15 mnt
Inti
-          Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar di infocus tentang perkembangan zaman praaksara berdasarkan Geologi.
-       Guru mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan gambar-gambar tersebut.
-       Guru kembali menegaskan topik pembelajaran yang akan dibahas.
-       Guru menegaskan model pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan model diskusi kelompok
-       Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, sehingga menemukan rumusan jawaban dari masing-masing tugas yang diberikan:
1.         Kelompok I dan II mendiskusikan dan membuat rumusan tentang  proses terjadinya Kepulauan Indonesia
2.         Kelompok III dan IV mendiskusikan dan membuat rumusan tentang pembabakan waktu masa pra-aksara
3.         Kelompok V dan VI mendiskusikan dan merumuskan tentang hikmah bagi penduduk yang hidup di lingkungan geografis dan geologis Kepulauan Indonesia yang rentan terjadinya gempa.
-          Presentasi hasil masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu presentasi kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.
60 mnt
Penutup
-          Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
-          Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh      setelah belajar
-          Guru melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Misalnya:
1.       Apa yang dimaksud dengan Paleozoikum?
2.       Sebutkan beberapa contoh fauna di Kepulauan Indonesia?
3.       Menurut kamu nilai-nilai apa yang dapat dipetik dari proses terbentuknya pulau-pulau di Kepulauan Indonesia?
4.       Hikmah apa yang dapat kita peroleh dengan bertempat tinggal di wilayah yang sering terjadi bencana alam?
Tugas:
Tugsa  rumah :
1.      merumuskan sikap dan tindakan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kekayaan flora dan fauna di Indonesia.
2.      Di setiap daerah tentu ada cerita rakyat ataupun dongeng yang  berkaitan dengan gempa bumi maupun gunung meletus, coba kamu cari dan tuliskan dalam bentuk cerita 3 – 4 halaman, kemudian diskusikan.
3.      Sebutkan gunung api yang pernah meletus di daerahmu dan di Indonesia!
4.      Sebutkan bencana alam (tektonik) yang pernah terjadi di daerahmu dan di Indonesia

15 mnt

                    

Pertemuan ke 3

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa
-          Kelas dipersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Peserta didik ditanyakan tentang tugas minggu yang lalu
-          Guru menyampaikan topik tentang “Kegiatan penelitian manusia purba” dan memberi motivasi pentingnya topik ini.
-          Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik
-          Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI)
15 mnt
Inti
-          Guru memberikan penjelasan tentang penemuan manusia purba di Sangiran dan Trinil melalui pejelasan lisan dan penayangan video
-          Siswa diminta untuk mengamati hal  tersebut
-        Guru mendorong siswa untuk bertanya hal-hal terkaitdengan penjelasan guru
-        Guru kembali menegaskan topik pembelajaran yang akan dibahas.
-        Guru menegaskan model pembelajaran yang akan dilaksanakan, dengan model discovery .
-       Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/mengumpulkan informasi dan mengasosiasi  melalui diskusi kelompok untuk mengasosiasikan fakta-fakta yang berhasil ditemukan dan dirumuskan.  :
1.        Kelompok I, III, dan V ditugaskan untuk melakukan kajian tentang kegiatan penelitian manusia purba di Sangiran melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
2.        Kelompok II, IV dan VI untuk melakukan kajian tentang kegiatan penelitian di Trinil juga melalui buku-buku yang ada tersedia di perpustakaan.
-          Setiap kelompok membuat laporan sesuai dengan masalah yang dikaji.
-          Hal yang perlu dilaporkan misalnya: siapa tokoh penelitinya, tahun berapa dilakukan penelitian, temuan dan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian itu.
-          Hasil kajian itu sebaiknya didukung dengan gambar-gambar yang relevan
-          Kelompok III ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan kajiannya tentang kegiatan penelitian di Sangiran
-          Kelompok VI untuk presentasi tentang kegiatan penelitian di Trinil. Kelompok lain yang  tidak presentasi dapat mengajukan pertanyaan.
-          Hasil diskusi kelompok kemudian dikumpulkan kepada guru
60 mnt
Penutup
-          Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
-          Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh setelah belajar
-          Guru sekali lagi menegaskan agar para siswa tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Esa yang telah memberikan kekayaan dan keindahan tanah air Indonesia
-          Guru melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran, misalnya dengan mengajukan pertanyaan:
1)      siapa tokoh von Koenigswald dan siapa E. Dubois?
2)      Mengapa hasil penelitian fosil manusia oleh Dubois di Trinil kemudian dinamakan Pithecanthropus erectus
3)      Mengapa para ahli banyak melakukan penelitian tentang manusia purba itu di bantaran sungai?
4)      Jelaskan tentang penemuan manusia pertama di sangiran!
5)      Jelaskan tentang jenis-jenis perkembangan manusia!
6)      Jelaskan tentang kebudayaan manusia menurut jenis perkembangan manusia!
7)      Jelaskan tentang nilai-nilai yang dipetik dari belajar perkembangan manusia!
8)      Jelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari mempelajari perkembangan manusia dan budayanya!
-          Sebagai refleksi, guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang  baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa  manfaat yang dapat kita peroleh setelah belajar topik ini
15 mnt



Pertemuan ke 4

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru meminta salah seorang siswa memimpin  doa
-          Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, absensi/presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Peserta didik ditanyakan tentang materi minggu lalu sebagai apersepsi.
-          Guru menyampaikan topik pembelajaran tentang “Jenis manusia masa pra-aksara”, dan tujuan serta kompetensi yang perlu dimiliki
-          Guru membagi kelas menjadi enam kelompok; Kelompok I, II, III, IV. V, dan VI
15 menit
Kegiatan Inti
-          Peserta didik diminta duduk di kelompok masing-masing.
-          Peserta didik dipaparkan secara singkat jenis manusia purba seperti jenis Meganthropus, jenis Pithecanthropus dan jenis Homo
-          Setiap kelompok ditugaskan untuk melakukan kajian tentang jenis manusia pra-aksara, bagaimana karakter dan ciri masing-masing jenis, kemudian mengklasifikasikannya.
-          Sumber berasal dari buku teks pelajaran dan buku-buku lain yang ada di perpustakaan.
-          Penelusuran dilakukan dalam waktu 30 menit.
-          Peserta didik diberikan pertanyaan-pertanyaan dengan masalah yang dikaji.
-          Peserta didik ditunjuk secara acak untuk mempresentasikan hasil kajiannya
60 menit
Penutup
-          Klarifikasi / kesimpulan siswa dibantu Guru menyimpulkan materi
-          Guru dapat menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi tersebut.
-          Guru sekali lagi menegaskan agar para siswa tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kekayaan dan keindahan tanah air Indonesia
-          Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran/umpan balik  atas pembelajaran yang baru saja berlangsung, misalnya:
1.      Mengapa para ahli banyak melakukan penelitian manusia purba di bantaran sungai?
2.      Jelaskan ciri dan mengapa hasil penelitian Dubois di Trinil disebut sebagai jenis Pithecanthropus erectus (kera yang berjalan tegak)?
3.      Menurut pendapat kalian, bagaimana manusia purba bisa
4.      menyebar ke dalam wilayah Kepulauan Indonesia bahkan sampai ke luar wilayah Kepulauan Indonesia?
Tugas:
Buatlah karya ilmiah (2–3 halaman) dengan tajuk, Sangiran Laboratorium Manusia Purba!
Coba kalian inventarisir berbagai situs dan tinggalan manusia purba di daerah kalian masing-masing.
15 menit



Pertemuan ke 5

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa
-          Guru mempersiapkan kelas  lebih kondusif dan siap belajar
-          Sebagai apersepsi peserta didik ditanyakan pendapat mereka tentang kontroversi teori evolusi darwin.
-          Guru menyampaikan topik pembelajaran tentang “Perdebatan antara Pithecantropus ke Homo erektus” dan guru memberi motivasi pentingnya topik ini.
-          Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada pemaknaan dan penerapan, bukan hafalan.
-          Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI)
15 menit
Inti
-          Peserta didik dijelaskan secara singkat tentang perdebatan mengenai teori evolusi dan temuan manusia purba dari Indonesia.
-          Guru meminta para peserta didik dengan kelompoknya masing-masing untuk menemukan jawaban dari berbagai masalah itu (melakukan eksplorasi/mengumpulkan informasi dan mengasosiasi) melalui diskusi atau pelacakan ke perpustakaan.
          1.          Kelompok I dan II diminta untuk mendiskusikan teori evolusi yang dikemukakan oleh Darwin dan banyak ilmuan lainnya.
          2.          Kelompok III dan IV mendiskusikan tentang temuan Eugine Dubois di Indonesia.
          3.          Kelompok V dan VI menjelaskan posisi Pithecantrupus erectus dalam evolusi manusia. Waktu diskusi kelompok 35 menit.
-          Kelompok II diperintahkan untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang teori evolusi yang dikemukakan oleh Darwin dan banyak ilmuan lainnya.
-          Kelompok lain mengajukan pertanyaan atau memberi komentar.
-          Kelompok III diperintahkan untuk mempresentasikan hasil diskusinya tentang mendiskusikan tentang temuan Eugine Dubois di Indonesia.
-          Kelompok lain mengajukan pertanyaan dan komentar.
-          Kemudian guru menunjuk kelompok VI untuk mempresentasikan hasil diskusinya tentang posisi Pithecantrupus erectus dalam evolusi manusia.
-          Waktu diskusi kelompok 35 menit. Kelompok lain bertanya atau memberi komentar
60 menit
Penutup
-          Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
-          Guru dapat menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi tersebut
-          Guru menegaskan agar para siswa tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Esa yang telah memberikan kekayaan dan keindahan tanah air Indonesia
-          Guru memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada peserta didik untuk mendapatkan umpan balik (mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran) atas pembelajaran yang baru saja berlangsung, misalnya dengan mengajukan pertanyaan:
1.    Sebutkan teori evolusi Darwin yang menjelaskan peralihan kera ke manusia?
2.    Bagaimana tanggapan para ilmuan dalam seminar Internasional zoologi di Leiden tahun 1895 tentang temuan Dubois?
3.    Jelaskan keterkaitan temuan Sinanthropus pekinensis dengan Pithecanthropus erectus
4.    Bagaimanakah berakhirnya perdebatan pendangan mengenai Pithecanthropus erectus dari Dubois dalam perkembangan sejarah manusia?
-          Sebagai refleksi Guru bersama peserta didik menyimpulkan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang dapat kita peroleh setelah belajar topik ini.
Tugas
Peserta didik diberikan tugas kelompok untuk merangkum hasil diskusi untuk ditulis dan dipublikasikan pada majalah dinding sekolah. Minta peserta didik untuk membuat kreasi semenarik mungkin.
15 menit



Pertemuan ke 6

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, absensi/presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Sebagai apersepsi peserta didik diminta untuk menyanyi atau menunjukkan lirik lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
Nenek moyangku orang pelaut
Gemar mengarung luas samudra
Menerjang ombak tiada takut
Menempuh badai sudah biasa
Angin bertiup layar terkembang
Ombak berdebur di tepi pantai
Pemuda b’rani bangkit sekarang Ke laut kita beramai-ramai
Belalai gajah panjang
Bulu kucingku belang
Tuhan Maha Penyayang
Anak-anak disayang
-          Guru menyampaikan topik pembelajaran tentang “Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia” dan guru memberi motivasi pentingnya topik ini.
-          Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada pemaknaan dan penerapan, bukan hafalan.
-          Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI)
15 mnt
Kegiatan inti
-          Peserta didik diminta duduk di kelompoknya masing-masing.
-          Peserta didik dijelaskan secara singkat tentang nenek moyang manusia masa pra-aksara di Kepulauan Indonesia.
-          Peserta didik ditugaskan untuk bekerja di kelompok masing-masing.
-          Kelompok I dan II diminta untuk mendiskusikan dan merumuskan tentang keterkaitan antara ras Proto Melayu, Deutro Melayu, dengan ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
-          Kelompok III dan IV mendiskusikan dan merumuskan tentang migrasi dan penyebaran ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
-          Kelompok V dan VI mendiskusikan dan merumuskan tentang keterkaitan antara migrasi ras asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dengan perkembangan budaya neolitikum.
-          Waktu diskusi kelompok 35 menit.
-          Kelompok I diperintahkan untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang keterkaitan antara ras Proto-Melayu dan Deutro Melayu dengan ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
-          Kelompok lain mengajukan pertanyaan atau memberi komentar.
-          Kelompok IV diperintahkan untuk mempresentasikan hasil diskusinya tentang migrasi dan penyebaran ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
-          Kelompok lain mengajukan pertanyaan dan komentar.
-          Kemudian guru menunjuk kelompok V untuk mempresentasikan hasil diskusinya tentang keterkaitan antara migrasi ras dan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dengan perkembangan budaya neolitikum.
-          Kelompok lain bertanya atau memberi komentar.
60 mnt
Penutup
-       Guru memberikan ulasan singkat tentang materi yang baru saja didiskusikan
-       Guru dapat menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi tersebut.
-       Guru memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada peserta didik untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja berlangsung, misalnya :
1.         Mengapa manusia purba banyak yang tinggal di tepi sungai?
2.         Jelaskan pola kehidupan nomaden bagi manusia purba
3.         Manusia purba juga memasuki fase bertempat tinggal sementara, misalnya di gua mengapa demikian?
4.         Jelaskan tentang konsep Proto Melayu, dan Deutro Melayu.
5.         Jelaskan tentang persebaran ras Proto Melayu dan Deutro Melayu di Indonesia
6.         Jelaskan tentang asal usul ras nenek moyang yang berada pulau-pulau di Kepulauan Indonesia
7.         Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dapat dipetik dari proses migrasi ras Proto dan Deutro Melayu
8.         Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari asal usul ras yang ada di pulau-pulau Kepulauan Indonesia.
Tugas rumah.
Peserta didik diberikan tugas rumah bersama kelompoknya untuk mengerjakan soal uji kompetensi
-       Coba kamu identifikasikan peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni yang dapat dikategorikan sebagai tinggalan masa proto sejarah. Adakah manfaat dari peninggalan tersebut bagi kehidupan manusia sekarang?
-       Menurut pendapat kamu, bagaimana peninggalan sejarah tersebut bisa menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan sampai ke luar wilayah Indonesia?
-       Untuk mengerjakan soal di atas maka kamu dapat melakukan beberapa tahapan sebagai berikut:
1.         Identifikasi permasalahan yang menurut kamu menarik untuk diteliti, yaitu merumuskan masalah apa yang akan kamu teliti (biasanya dalam bentuk kalimat pertanyaan), seperti dimanakah manusia praaksara biasanya tinggal? Pada masa kapan mereka hidup di Indonesia? Bagaimana mereka bisa mempertahankan kehidupannya dan bagaimana ciri-cirinya? Dan lain-lain sebagainya bisa diskusikan dengan teman-temanmu.
2.         Setelah itu carilah sumber-sumber yang menjelaskan tentang permasalahan yang akan diteliti. Caranya dengan mencari sumber dari internet, buku-buku bacaan, kliping koran, foto-foto, ilustrasi dan bisa juga wawancara dengan tokoh masyarakat yang kamu anggap mengetahui permasalahan.
3.         Setelah kamu temukan sumber-sumber tersebut, kamu harus melakukan perbandingan antara sumber yang satu dengan yang lain untuk mencari kebenaran. Jika dari bacaan yang kamu baca ada dua atau lebih sumber yang menyatakan hal yang sama maka bisa saja kita anggap sumber tersebut mendekati kebenaran.
4.         Apabila di daerah tempat tinggal kamu terdapat peninggalan sejarah yang diduga tinggalan masa praaksara, kamu bersama teman-temanmu dapat mengunjungi situs tersebut untuk meyakinkan pendapat kamu.
-        Setelah itu barulah kamu rumuskan dalam bentuk tulisan yang runtut sekitar 3 – 5 lembar tulisan
15 mnt



Pertemuan ke 7

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, absensi/presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Sebagai apersepsi tunjuk beberapa peserta didik diminta menyebutkan suku asli orang tua atau kakek neneknya. Tanyakan apakah ada kaitan sukunya dengan ras proto melayu dan deutro melayu? dari keberagaman jawaban, guru kemudian menjelaskan bahwa ada ras lain yang juga masuk dan menyebar di Indonesia yaitu, melanesoid, negrito dan weddid.
-          Guru menyampaikan topik pembelajaran tentang “Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia” dan guru memberi motivasi pentingnya topik ini.
-          Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada pemaknaan dan penerapan, bukan hafalan.
-          Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI)
15 mnt
Kegiatan inti
-          Peserta didik diminta duduk di kelompoknya masing-masing.
-          Peserta didik dijelaskan secara singkat tentang nenek moyang manusia masa pra-aksara di Kepulauan Indonesia.
-          Peserta didik ditugaskan untuk bekerja di kelompok masing-masing.
-          Kelompok I dan II diminta untuk mendiskusikan dan merumuskan tentang keterkaitan antara ras Melanesoid, Negrito dan Weddid dengan ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
-          Kelompok III dan IV mendiskusikan dan merumuskan tentang migrasi dan penyebaran ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
-          Kelompok V dan VI mendiskusikan dan merumuskan tentang keterkaitan antara migrasi ras asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dengan perkembanganbudaya neolitikum.
-          Waktu diskusi kelompok 35 menit
-          Kelompok I diperintahkan untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang keterkaitan antara ras Melanesoid, Negrito dan Weddid dengan ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
-          Kelompok lain mengajukan pertanyaan atau memberi komentar.
-          Kelompok IV diperintahkan untuk mempresentasikan hasil diskusinya tentang migrasi dan penyebaran ras asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
-          Kelompok lain mengajukan pertanyaan dan komentar.
-          Kemudian guru menunjuk kelompok V untuk mempresentasikan hasil diskusinya tentang keterkaitan antara migrasi ras dan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dengan perkembangan budaya neolitikum.
-          Kelompok lain bertanya atau memberi komentar.
60 mnt
Penutup
-       Guru memberikan ulasan singkat tentang materi yang baru saja didiskusikan
-       Guru dapat menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi tersebut.
-       Peserta didik diminta untuk menyerahkan tugas rumah minggu lalu yang dikerjakan secara berkelompok pada soal uji kompetensi
-       Hasil kerja peserta didik diberi nilai dan komentar.
-       Guru memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada peserta didik untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja berlangsung, misalnya :
1.        Jelaskan tentang konsep Melanesoid, Negrito dan weddid.
2.        Jelaskan tentang persebaran ras Melanesoid, Negrito dan weddid di Indonesia
3.        Jelaskan tentang ras nenek moyang Indonesia yang berada pada wilayah persebaran ras Melanesoid, Negrito dan weddid.
4.        Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dapat dipetik dari proses migrasi ras Melanesoid, Negrito dan weddid.
5.        Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari asal usul ras yang ada di pulau-pulau Kepulauan Indonesia.
15 mnt



Pertemuan ke 8

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, absensi/presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Peserta didik ditanya tugas minggu lalu tentang persebaran kapak lonjong dan kapak persegi yang juga ada kaitannya dengan mata pencaharian manusia pra-aksara.
-          Guru menyampaikan topik tentang “Corak kehidupan masyarakat manusia pra-aksara” dan memberi motivasi pentingnya topik ini.
-          Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru perlu menekankan bahwa pembelajaran ini lebih pada pemaknaan bukan hafalan.
15 mnt
Kegiatan inti
-          Peserta didik dijelaskan tentang pola hunian manusia masa pra-aksara. Pada mulanya mereka tinggal di tempat terbuka umumnya di tepi sungai. Peserta didik juga dijelaskan mengapa mereka banyak tinggal di tepi sungai. Kaitannya di tempat terbuka ini juga ada yang tinggal di tepi pantai. Peserta didik diminta guru untuk menunjukkan buktinya
Dalam perkembangannya ada yang tinggal di gua-gua. Fase ini merupakan masa transisi sebelum mereka bertempat tinggal tetap. Selain itu peserta didik juga dijelaskan kaitan antara pola hunian dengan mata pencaharian manusia pra-aksara ini dan munculnya sistem kepercayaan pada masa itu.
Peserta didik kemudian diberikan lembar/kartu kuis.
Peserta didik diminta secara individual untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan soal uji kompetensi yang terdapat pada buku teks pelajaran Sejarah Indonesia.
Peserta didik diberikan nilai oleh guru.
60 mnt
Penutup
-       Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran dan hasil belajarnya.
-       Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
-       Sebagai refleksi guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang dapat kita peroleh setelah belajar topik ini.
-       Guru memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada peserta didik untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja berlangsung, misalnya :
          1.         Jelaskan tentang pola kehidupan nomaden dengan kegiatan meramu dan mengumpulkan makanan
          2.         Jelaskan tentang kehidupan bercocok tanam dan bertempat tinggal tetap
          3.         Jelaskan tentang sistem kepercayaan manusia zaman pra-aksara
          4.         Membuat esay tentang sistem kepercayaan manusia pra-aksara dalam kaitannya dengan pola-pola kehidupan masa kini
          5.         Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari pola kehidupan, sistem mata pencaharian dan sistem kepercayaan masa pra-aksara
15 mnt



Pertemuan ke 9

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, absensi/presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Sebagai apersepsi peserta didik ditunjukkan gambar peralatan dari batu.
-          Gambar apakah ini? alat ini sampai sekarang masih banyak kita temukan di rumah tangga di Indonesia. Alat ini sering disebut dengan cobek, alat untuk menghaluskan rempah-rempah, menghaluskan bumbu masak atau tempat membuat sambal. Alat bebatuan ini sudah dikenal ribuan tahun yang lalu. Nah, kali ini kita akan mengkaji tentang “Perkembangan teknologi bebatuan sampai dengan masa mesolitikum”.
-          Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada pemaknaan dan penerapan, bukan hafalan.
-          Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI).
15 mnt
Kegiatan inti
-          Peserta didik diminta duduk di kelompoknya masing-masing.
-          Peserta didik dijelaskan tentang perkembangan kebudayaan atau teknologi bebatuan sejak dari masa Paleolitikum dengan kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong sampai perkembangan kebudayaan Mesolitikum dengan kebudayaan Kjokkenmoddinger dan kebudayaan Abris sous roche.
-          Peserta didik ditugaskan untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan  berikut.
1.      Apa makna paleolitikum?
2.      Hasil kebudayaan masa pra-aksara bersifat trial and eror,apa maksudnya?
3.      Beberapa jenis kapak yang ditemukan dalam Kebudayaan Pacitan misalnya kapak ....
4.      Jelaskan tentang Kebudayaan Kjokkenmoddinger ....
5.      Jelaskan tentang Kebudayaan Abris sous roche ....
-          Peserta didik diperintahkan untuk kembali ke tempat duduk masing-masing setelah bekerja di kelompok. Guru kemudian membagikan kertas kerja/kartu kuis
-          Peserta didik diperintahkan untuk bekerja secara individual menjawab pertanyaan-pertanyaan pada lembar kuis. Pertanyaan pada kuis itu sama dengan pertanyaan yang diajukan dalam kelompok.
60 mnt
Penutup
-          Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran dan hasil belajarnya.
-          Peserta didik dapat ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut.
-          Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja dilakukan, misalnya
          1.         kebudayaan yang berkembang di gua-gua itu terkenal dengan sebutan apa?
          2.         Apa makna Paleolitikum?
          3.         Jelaskan ciri hasil kebudayaan masa Mesolitikum!
          4.         Sebutkan hasil kebudayaan dari masa Paleolitikum!
-          Sebagai refleksi guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang dapat kita peroleh setelah belajar topik ini

Tugas
Peserta didik diberi tugas rumah untuk melakukan identifikasi hasil-
hasil kebudayaan masa Paleolitikum dan Mesolitikum, dan jangan lupa
menyertakan gambar-gambarnya.
Pada pertemuan berikutnya peserta didik diberikan nilai dan komentar
oleh guru tentang tugas peserta didik tersebut.
15 mnt



Pertemuan ke 10

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, absensi/presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
-          Sebagai apersepsi peserta didik diajukan pertanyaan terkait pelajaran minggu ke-10 oleh guru: coba sebutkan beberapa contoh kebudayaan masa mesolitikum?
-          Guru menyampaikan topik tentang “Sebuah Revolusi” dan guru memberi motivasi pentingnya topik ini.
-          Peserta didik dapat disampaikan contoh produk dari sebuah revolusi kebudayaan yang ada pada saat ini. Contohnya dalam teknologi komunikasi ada surat elektronik atau email. Manusia tidak lagi harus berkirim surat dalam waktu lama. Guru dapat mencontohkan produk revolusi kebudayaan lainnya.
-          Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada pemaknaan dan penerapan, bukan hafalan.
-          Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI).
15 mnt
Kegiatan inti
-          Peserta didik diminta duduk di kelompoknya masing-masing.
-          Peserta didik dijelaskan secara singkat tentang perkembangan kebudayaan pada masa neolitikum dan manusia pendukungnya.
-          Peserta didik ditugaskan untuk bekerja di kelompok masing-masing.
-          Guru meminta kelompok I dan III mendiskusikan dan merumuskan tentang proses manusia mengenal api dan relevansi penemuan itu pada masa sekarang.
-          Kelompok II dan IV mendiskusikan dan merumuskan tentang makna revolusi kebudayaan masa neolitikum dengan menunjukkan bukti-uktinya.
-          Kelompok V dan VI mendiskusikan tentang teknologi konsep ruang yang ada pada masa pra-aksara dan menarik relevansinya pada masa sekarang.
-          Waktu diskusi kelompok 30 menit.
-          Kelompok I dan III diperintahkan untuk mempresentasi hasil diskusi masing-masing tentang proses manusia mengenal api.
-          Kelompok II dan IV mempresentasikan tentang makna revolusi kebudayaan masa neolitikum.
-          Kelompok V dan VI mempresentasikan hasil rumusan diskusinya teknologi konsep ruang pada masa pra-aksara.
60 mnt
Penutup
-       Guru memberikan ulasan singkat tentang materi yang baru saja didiskusikan
-       Guru dapat menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi tersebut.
-       Guru memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada peserta didik untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja berlangsung, misalnya :
          1.         Jelaskan tentang perkembangan teknologi pada zaman neolitikum
          2.         Jelaskan tentang hasil-hasil kebudayaan neolitikum
          3.         Jelaskan tentang makna revolusi kebudayaan pada zaman neolitikum dengan menunjukkan hasil-hasilnya dan persebarannya.
          4.         Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dipetik dari perkembangan kebudayaan dan teknologi pada masa pra-aksara
          5.         Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari perkembangan budaya pada masa pra-aksara
15 mnt



G.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.    TeknikPenilaian:

a.            Sikap Spiritual                 : Observasi

b.      SikapSosial                          : Observasi & Penilaian Diri

c.       Pengetahuan                        : TesTertulis (soal uraian)

d.      Keterampilan                       : Tes Praktik membuat karangan







2.    InstrumenPenilaian         

a.       Pertemuan Pertama  (Format terlampir)

1)     Sikap spiritual                :    Lembar Observasi

2)     Sikap social                   :    Lembar Observasi & Lembar Penilaian Diri

3)     Pengetahuan                  :    soal uraian

4)     Keterampilan                 :    Lembar  Penilaian Tertulis



3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.       Remedial (Format terlampir)

b.      Pengayaan (Format terlampir)

(Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian)





H.     Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar

1.      Media/Alat

a.         Media         : Presentasi dengan aplikasi MS.Power Point

b.        Alat            : Laptop,  LCD Projector, Gambar, video, peta



2.      Sumber Belajar

a.       Amurwani Dwi L DKK. 2014. Sejarah Indonesia edisi revisi untuk SMA/MA SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

b.      Ratna Hapsari; M.Adil. 2014. Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga







Mengetahui,
Kepala MAN Cimahi




Dra. EULIS NURHASANAH,M.Pd .
NIP. 19650515 199303 2004
Cimahi,     Juli 2018

Guru Mata Pelajaran,




EUIS NELA, S.Pd



































































Lampiran:

Penilaian Hasil Belajar



Pertemuan ke 1

Penilaian Hasil Belajar Penilaian dilakukan menggunakan penilaian otentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Format penilaian sebagai berikut.

1. Penilaian sikap

No
Nama
Sikap Spiritual
Sikap social
Jumlah skor
Mensyukuri
Jujur
kerjasama
Harga diri





























Keterangan:

a.    Sikap Spiritual

Indikator sikap spiritual “mensyukuri”:

§  Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran

§  Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut

§  Saling menghormati, toleransi

§  Memelihara hubungan baik dengan sesama teman sekelas.

Rubrik pemberian skor:

4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut

3 = jika peserta didik melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut

2 = jika peserta didik melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut

1 = jika peserta didik melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.

b.      Sikap Sosial.

1. Sikap jujur

Indikator sikap sosial “jujur”

§  Tidak berbohong

§  Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu

§  Tidak nyontek, tidak plagiarism

§  Terus terang.

Rubrik pemberian skor

4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut

3 = jika peserta didik melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut

2 = jika peserta didik melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut

1= jika peserta didik melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.

2. Sikap kerja sama

Indikator sikap sosial “kerja sama”

§  Peduli kepada sesama

§  Saling membantu dalam hal kebaikan

§  Saling menghargai/ toleran

§  Ramah dengan sesama.

Rubrik pemberian skor

4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut

3 = jika peserta didik melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut

2 = jika peserta didik melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut

1= jika peserta didik melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.

3. Sikap Harga diri

Indikator sikap sosial “harga diri”

§  Tidak suka dengan dominasi asing

§  Bersikap sopan untuk menegur bagi mereka yang mengejek

§  Cinta produk negeri sendiri

§  Menghargai dan menjaga karya-karya sekolah dan masyarakat sendiri.

Rubrik pemberian skor

4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut

3 = jika peserta didik melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut

2 = jika peserta didik melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut

1= jika peserta didik melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.















2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2
3
4
5
Jelaskan konsep prasejarah dan pra-aksara!
Jelaskan kehidupan manusia pra-aksara!
Jelaskan tentang keterkaitan sejarah dengan ilmu-ilmu lain dalam memahami zaman pra-aksara!
Menjelaskan hubungan kebudayaan yang ada saat ini dengan kebudayaan zaman pra-aksara!
Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari mempelajari zaman pra-aksara!

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati jawaban peserta didik pada uji

kompetensi yang diberikan



No
Nama
Relevansi 1-4
Kelengkapan 1-4
Kebahasaan 1-4
Jumlah







Nilai = Jumlah skor dibagi 3

Keterangan :

-            Kegiatan mengamati dalam hal ini dipahami sebagai cara peserta didik mengumpulkan informasi faktual dengan memanfaatkan indera penglihat, pembau, pendengar, pengecap dan peraba. Maka secara keseluruhan yang dinilai adalah HASIL pengamatan (berupa informasi) bukan CARA mengamati.

-            Relevansi, kelengkapan, dan kebahasaan diperlakukan sebagai indikator penilaian kegiatan mengamati.

o    Relevansi merujuk pada ketepatan atau keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran (TP).

o    Kelengkapan dalam arti semakin banyak komponen fakta yang terliput atau semakin sedikit sisa (residu) fakta yang tertinggal.

o    Kebahasaan menunjukkan bagaimana peserta didik mendeskripsikan fakta-fakta yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami).

-            Skor rentang antara 1 – 4

1. = Kurang

2. = Cukup

3. = Baik

4. = Amat Baik.



4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

No
Nama
Mengkomunikasikan 1-4
Mendengarkan 1-4
Berargumentasi 1-4
Berkontribusi 1-4
Jumlah Skor















Nilai = jumlah skor dibagi 3

Keterangan :

-            Keterampilan mengomunikasikan adalah kemampuan peserta didik untuk mengungkapkan atau menyampaikan ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif.

-            Keterampilan mendengarkan dipahami sebagai kemampuan peserta didik untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan gagasannya.

-            Kemampuan berargumentasi menunjukkan kemampuan peserta didik dalam mengemukakan argumentasi logis ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasannya.

-            Kemampuan berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan peserta didik memberikan gagasan-gagasan yang mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai perbedaan pendapat.

-            Skor rentang antara 1 – 4

1. = Kurang

2. = Cukup

3. = Baik

4. = Amat Baik.



5. Penilaian presentasi

No
Nama
Menjelaskan 1-4
Memvisualkan 1-4
Merespon 1-4
Jumlah Skor













Nilai = Jumlah skor dibagi 3

Keterangan :

-            Keterampilan menjelaskan adalah kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara meyakinkan.

-            Keterampilan memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan peserta didik untuk membuat atau mengemas informasi seunik mungkin, semenarik mungkin, atau sekreatif mungkin.

-            Keterampilan merespon adalah kemampuan peserta didik menyampaikan tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.

-            Skor rentang antara 1 – 4

1. = Kurang

2. = Cukup

3. = Baik

4. = Amat Baik.



Pertemuan ke 2

1. Penilaian sikap

Sda

2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2
3

4
5
Jelaskan keberadaan awal kepulauan Indonesia!
Jelaskan tentang pembabakan waktu zaman pra-aksara!
Membuat karya esei tentang terbentuknya Kepulauan Indonesia dan kaitannya dengan keberadaan Kepulauan Indonesia saat ini!
Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dipetik dari terbentuknya pulau-pulau di Kepulauan Indonesia!
Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari terbentuknya pulau-pulau di Kepulauan Indonesia!

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati hasil diskusi kelompok tentang terbentuknya Kepulauan Indonesia. Guru juga bisa menampilkan gambar/film terkait terbentuknya Kepulauan Indonesia

Format: sda



4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda



5. Penilaian presentasi

Sda 



Pertemuan ke 3

1. Penilaian sikap

Sda

2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2
3
4
5

Jelaskan tentang penemuan manusia pertama di sangiran!
Jelaskan tentang jenis-jenis perkembangan manusia!
Jelaskan tentang kebudayaan manusia menurut jenis perkembangan manusia!
Jelaskan tentang nilai-nilai yang dipetik dari belajar perkembangan manusia!
Jelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari mempelajari perkembangan manusia dan budayanya!

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati diskusi kelompok tentang mengenal manusia purba Indonesia. Guru juga bisa menampilkan film/gambar terkait dengan manusia purba Indonesia.

 Format: sda



4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda



5. Penilaian presentasi

Sda  



Pertemuan ke 4

1. Penilaian sikap

Sda



2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2
3
4
5
Jelaskan tentang klasifikasi manusia pada masa purba!
Jelaskan tentang hasil temuan manusia purba yang berada di sepanjang sungai!
Membuat karya esai tentang sangiran sebagai Laboratorium Manusia Purba dan perkembangannya!
Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dipetik dari ditemukan manusia purba di Indonesia!
Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari ditemukannya manusia purba di Indonesia

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati diskusi kelompok tentang mengenal manusia purba Indonesia. Guru juga bisa menampilkan film/gambar terkait dengan manusia purba Indonesia.

Format: sda



4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda



5. Penilaian presentasi

Sda

 

Pertemuan ke 5

1. Penilaian sikap

Sda

2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2

3
4
5
Sebutkan teori evolusi Darwin yang menjelaskan peralihan kera ke manusia?
Bagaimana tanggapan para ilmuan dalam seminar Internasional zoologi di Leiden tahun 1895 tentang temuan Dubois
Jelaskan keterkaitan temuan Sinanthropus pekinensis dengan Pithecanthropus erectus
Bagaimanakah berakhirnya perdebatan pendangan mengenai Pithecanthropus erectus dari Dubois dalam perkembangan sejarah manusia

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati foto atau gambar hasil penelitian manusia purba yang ada di Indonesia.

Format: sda



4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda



5. Penilaian presentasi

Sda



Pertemuan ke 6

1. Penilaian sikap

Sda

2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2

3
4
5
6
7

Mengapa manusia purba banyak yang tinggal di tepi sungai?
Jelaskan pola kehidupan nomaden bagi manusia purba Manusia purba juga memasuki fase bertempat tinggal sementara, misalnya di gua mengapa demikian?
Jelaskan tentang konsep Proto Melayu, dan Deutro Melayu.
Jelaskan tentang persebaran ras Proto Melayu dan Deutro Melayu di Indonesia
Jelaskan tentang asal usul ras nenek moyang yang berada pulau-pulau di Kepulauan Indonesia
Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dapat dipetik dari proses migrasi ras Proto dan Deutro Melayu
Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari asal usul ras yang ada di pulau-pulau Kepulauan Indonesia.

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati film/gambar yang terkait tentang migrasi ras proto melayu dan deutro melayu yang akhirnya sampai di Indonesia.



Format: sda

4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda

5. Penilaian presentasi

Sda



Pertemuan ke 7

1. Penilaian sikap

Sda



2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2
3

4

5

Jelaskan tentang konsep Melanesoid, Negrito dan weddid.
Jelaskan tentang persebaran ras Melanesoid, Negrito dan weddid di Indonesia
Jelaskan tentang ras nenek moyang Indonesia yang berada pada wilayah persebaran ras Melanesoid, Negrito dan weddid.
Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dapat dipetik dari proses migrasi ras Melanesoid, Negrito dan  weddid.
Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari asal usul ras yang ada di pulau-pulau Kepulauan Indonesia.

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati film/gambar ras Melanesoid, Negrito dan Weddid yang ada di Indonesia.

Format: sda

4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda

5. Penilaian presentasi

Sda



Pertemuan ke 8

1. Penilaian sikap

Sda

2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2
3
4

5

Jelaskan tentang pola kehidupan nomaden dengan kegiatan meramu dan mengumpulkan makanan
Jelaskan tentang kehidupan bercocok tanam dan bertempat tinggal tetap
Jelaskan tentang sistem kepercayaan manusia zaman pra-aksara
Membuat esay tentang sistem kepercayaan manusia pra-aksara dalam kaitannya dengan pola-pola kehidupan masa kini
Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari pola kehidupan, sistem mata pencaharian dan sistem kepercayaan masa pra-aksara

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati film/gambar corak kehidupan masyarakat masa pra-aksara.

Format: sda

4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda

5. Penilaian presentasi

Sda



Pertemuan ke 9

1. Penilaian sikap

Sda

2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2
3
4
5
6
7

8
Apa makna Paleolitikum?
Jelaskan ciri hasil kebudayaan masa Mesolitikum!
Sebutkan hasil kebudayaan dari masa Paleolitikum!
Jelaskan tentang kebudayaan pra-aksara melalui trial and eror!
Jelaskan tentang kebudayaan kjokkenmoddinger dan abris sous roche!
Jelaskan tentang perkembangan kebudayaan paleolitikum hingga mesolitikum!
Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dipetik dari perkembangan kebudayaan dan teknologi pada masa pra-aksara!
Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari perkembangan budaya pada masa pra-aksara!

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati film/gambar pelayaran, petualangan dan penjelajahan samudera oleh bangsa-bangsa Barat yang akhirnya sampai di Indonesia.

Format: sda

4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda

5. Penilaian presentasi

Sda

Pertemuan ke 10

1. Penilaian sikap

Sda

2, Penilaian pengetahuan

No
Butir instrument
1
2
3

4

5
Jelaskan tentang perkembangan teknologi pada zaman neolitikum
Jelaskan tentang hasil-hasil kebudayaan neolitikum
Jelaskan tentang makna revolusi kebudayaan pada zaman neolitikum dengan menunjukkan hasil-hasilnya dan persebarannya.
Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dipetik dari perkembangan kebudayaan dan teknologi pada masa pra-aksara
Menjelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari perkembangan budaya pada masa pra-aksara

Nilai=jumlah skor



3. Penilaian keterampilan

Penilaian untuk kegiatan mengamati film/gambar perkembangan teknologi yang ada di Indonesia

Format: sda

4. Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok.

Sda

5. Penilaian presentasi

Sda



PENGAYAAN

Kegiatan pengayaan merupakan kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran yang dalam hal ini materi pada buku teks pelajaran Sejarah Indonesia Bab I “Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia” yang pada prinsipnya mengkaji tentang kehidupan masa pra-aksara di Kepulauan Indonesia. Peserta didik sudah mencapai kompetensi yang diharapkan yakni

1.      sudah berlaku jujur dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran

2.      merasa syukur telah diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna dan dibekali kondisi flora dan fauna yang lengkap,

3.      sudah memahami dan dapat menerapkan prinsip berpikir diakronis dan sinkronis, memahami kehidupan manusia pra-aksara,

4.      memahami perkembangan hasil-hasil budaya manusia masa pra-aksara, memahami dan menyadari tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Dalam pengayaan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara dan pilihan. Sebagai contoh peserta didik dapat diberikan bahan bacaan baru yang relevan seperti buku tulisan Agus Haryo Sudarmojo, Perjalanan Akbar Ras Adam: Sebuah Interpretasi Baru Al-Qur’an & Sains (2009). Alfred Russel Wallace. Kepulauan Nusantara. (2009). Peserta didik dapat diminta melakukan pengamatan di lingkungan untuk mengidentifikasi adakah hal-hal yang merupakan kelanjutan dari tradisi kehidupan masa pra-aksara.



REMEDIAL

Kegiatan remidial dilakukan dan diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi dan belum mencapai kompetensi seperti telah disebutkan di atas. Bentuk yang dilakukan antara lain peserta didik secara terencana untuk mempelajari buku teks pelajaran Sejarah Indonesia pada bagian tertentu.

Guru menyediakan latihan-latihan/pertanyaan atau tugas yang menunjukkan pemahaman kembali tentang isi buku teks pelajaran Sejarah Indonesia, Bab I.

Peserta didik diminta komitmenya untuk belajara secara disiplin dalam rangka memahami materi pelajaran. Guru kemudian mengadakan uji kompetensi kembali bagi peserta didik yang diremidi.



INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA

Maksud dari kegiatan interaksi guru dan orang tua ini adalah agar guru selalu meminta dan mengingatkan peserta didik untuk memperlihatkan hasil pekerjaan atau tugas yang telah dinilai dan diberi komentar oleh guru kepada orang tua/wali peserta didik. Orang tua sebaiknya dapat memberikan komentar hasil pekerjaan peserta didik. Orang tua/wali juga dapat menuliskan apresiasi kepada anak sebagai wujud perhatian dan komitmen orang tua untuk ikut bersama-sama mengantarkan anaknya agar lebih berhasil. Bentuk apresiasi orang tua ini akan menambah semangat peserta didik untuk mempertahankan dan meningkatkan keberhasilannya baik dalam konteks pemahaman materi, sikap dan perilaku jujur, displin, kerja keras.

Hasil penilaian yang telah diparaf oleh guru dan orang tua/wali kemudian disimpan dan menjadi bagian dari portofolio peserta didik. Untuk ini pihak sekolah akan menyediakan format tugas/pekerjaan para peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal USBN Sejarah Indonesia T.P 2017-2018

Berikut Soal USBN Sejarah Indonesia T.P 2017-2018 . Semoga bermanfaat : Memuat...