Senin, 18 Februari 2019

Membuat soal ulangan harian dengang web tool Quizizz





Soal ulangan di era indusri 4.0 seperti sekarang ini tidak selalu ada dalam kertas dan jawabannya ditullis diatas kertas juga. Tetapi karena peserta didik kita merupakan generasi milenial yang sangat akrab dengan alat-alat teknologi canggih seperti HandPhon (HP) Android, ulangan harian bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di zaman sekarang. Oleh sebabab itu saya mencoba membuat soal ulangan “zaman Now” dengan menggunakan web tool quizizz.



Sebelum kita lebih lanjut mengetahui bagai mana membuat soal harian dengan menggunakan web tool quizizz, mari kita pamahami kembali arti kata “soal”, soal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring adalah apa yang menuntut jawaban dan sebagainya (pertanyaan dalam hitungan dan sebagainya); hal yang harus dipecahkan; hal; perkara; urusan

Sebagaimana dijelaskan dalam PP. Nomor 19 tahun 2005 bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik terdiri atas ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.

Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.

Penilaian hasil belajar dapat menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai. Ditinjau dari tekniknya, penilaian dibagi menjadi dua yaitu tes dan non tes. Berdasarkan alat pelaksanaannya secara garis besar alat penilaian dengan teknik tes dapat dikelompokkan menjadi tes tertulis dan tes lisan.

Tes tertulis adalah suatu teknik penilaian yang menuntut jawaban secara tertulis, baik berupa pilihan maupun isian. Tes tertulis dapat digunakan pada ulangan harian atau ulangan tengah dan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas. Tes tertulis dapat berbentuk pilihan ganda, menjodohkan, benar-salah, isian singkat, atau uraian (essay).

Manfaat tes tertulis atau ulangan harian bagi peserta didik adalah:
1. Untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memahami materi dalam setiap KD.
2. Bentuk penguatan bagi peserta didik.
3. Ada usaha perbaikan bagi siswa, karena dengan ulangan harian para peserta didik mengetahu kelemahan-kelemahan yang dimilikinya.

4. Peserta didik dapat mengetahui bagian dari bahan yang mana yang belum dikuasainya.


Saat melakukan ulangan harian para peserta didik selain di tuntut untuk dapat menjawab soal dengan benar juga diwajibkan untuk menumbuhkan nilai karakter kejujuran. Dalam kehidupan sehari-hari, kejujuran sangatlah penting. Untuk menciptakan ketentraman dalam kehidupan di masyarakat maupun di sekolah, kejujuran haruslah dibangun sejak dini agar kejujuran itu meresap dalam hati kita. Dengan mengutamakan kejujuran, kita dapat melakukan niat baik dengan tulus.

Untuk mebangun kejujuran sejak dini, saya sebagai pendidik mempunyai kewajiban untuk menanamkannya pada peserta didik sebagai usaha menjadikan mereka manusia Indonesia yang dapat diterima dimana saja. Beruntungnya saya, ketika mengikuti Trainin 2 Mingguan (T2M) IGI Kota Cimahi saya bertemu dengan banyak pendidik yang memiliki pengalaman dan inovasi baru salah satunya membuat soal kuis dengan menggunakan web tool quizizz

Informasi Web tool quizizz ini saya dapatkan dari sesama guru atau peserta pelatihan pada saat pelatihan T2M IGI Kota Cimahi pada tanggal 20 Oktober 2018. Sebenarnya saya baru bergabung menjadi anggota IGI Kota Cimahi pada 28 Agustus 2018, tetapi dari beberapa pelatihan yang saya ikuti membuat saya merasa semakin tertantang dan semangat untuk menjadi pengajar yang lebih baik atau Bahasa kerennya ingin menjadi “Guru Zaman Now”, karena tidak bisa di pungkiri lagi bahwa peserta didik kita saat ini adalah manusia milenial yang hidupnya tidak lepas dari teknologi.

Walaupun sebelumnya saya sudah mengenal permainan kuis interaktif lain seperti Kahoot yang saya dapatkan dari pelatihan T2M IGI Kota Cimahi. Tapi bagi saya, web tool Quizizz ini adalah hal yang baru saya dengar dan belum pernah saya perkenalkan di tempat saya mengajar yaitu MAN Kota Cimahi.

Setibanya kembali ke sekolah, saya berusaha mencari tahu dan mencoba sendiri mengutak-atik web tool quizizz tersebut, alhamdulillah berkat keberanian dan coba-coba, saya dapat membuat soal di web tool quizizz pertama kali untuk ulangan harian mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XII. Peserta didik antusias dan mereka sangat menikmati ulangan yang tidak biasa, setelah selesai menggerjakan soal tersebut mereka bercerita bahwa itu pertama kalinya mereka melakukan ulangan yang menarik dan menantang, karena menurut mereka, tidak ada kesempatan mereka untuk dapat bermain curang alias lirik kiri lirik kanan alias mencontek. Menurut mereka juga, quizizz melatih mereka untuk jujur dan percaya diri.

Itulah sebabnya permainan kuis interaktif quizizz ini saya terapkan juga di kelas X dan XI, tidak hanya untuk ulangan harian saja akan tetapi di pakai dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari seperti untuk kegiatan pretest dan postest.

Beberapa waktu yang lalu saat sebelum saya menulis artikel ini saya memberanikan diri membuka-buka “blognya Pak Aries” https://sejarah22kreatif.blogspot.com ternyata di dalam blog tersebut sudah diadakan pelatihan online samisanov : membuat kuis dengan quizizz yang pelaksanannya pada 24 agustus 2018 s.d 8 september 2018, setelah saya membaca “Tutorial Pembuatan Evaluasi Pembelajaran Dengan Easy Quizzy yang ada di http://bit.ly/TutorialQuizziz “ karyanya bapak Ardi Kusnadi, ternyata langkah-langkahnya tidak terlalu berbeda dengan yang pernah saya lakukan sendiri tanpa tutorial hehe…..

Inilah tutorial membuat soal ulangan harian dengang web tool Quizizz ala saya yaaa….
Selamat membaca dan mencoba……

Langkah-langkah membuat kuis interaktif quiziz
A. Tahap 1 Membuat Akun:
1. Silahkan buka link https://quizizz.com untuk membuat akun gratis.
2. Klik sign up untuk registrasi (yang belum punya akun) klik log in (yang sudah punya akun)
3. Klik “sign up with google” bagi yang sudah memiliki akun google atau “sign up with email” bagi yang belum meiliki akun google.
Tips : menggunakan email “@gmail.com” akan lebih mudah dan cepat untuk masuk.
4. Setelah masuk maka pilihlah gambar di bawah ini, karena saya pendidik maka kita klik
“aneducator”
5. Memilih negara “Indonesia, kode pos dan nama sekolah” seperti di bawah ini
6. Anda sudah siap dan sudah punya akun, silahkan klik “continue” untuk membuat kuis

B. Tahap 2 Membuat Kuis/soal/pertanyaan :
Setelah kita memiliki akun quizizz maka langkah selanjutnya adalah membuat kuis/soal/pertanyaan.
Langkah-langkah membuat kuis di akun quizizz yaitu:
1. Untuk membuat kuis, silahkan klik “create”
2. Silahkan isi judul kuis seperti di bawah ini, lalu klik “save"
3. Selaraskan kuis seperti di bawah ini (untuk kelas SMA/Sederajat) lalu klik “add this standard”
4. Kemudian klik “create new question”
5. Lalu tulislah kuis/soal/pertanyaan dan jawaban, kemudian klik tanda centang √ untuk jawaban yang benar.
Ditahap ini kita bisa menambahkan gambar pada soal atau pada pilihan jawaban dan bisa memilih “single answer atau multi-answer”

6. Pilihlah waktu sesuai tingkat kesulitan soal, lalu klik “save” Waktu untuk peserta didik menjawab dari 5 detik sampai 15 menit.

7. Lanjutkan menulis soal sebanyak yang kita butuhkan baik dengan meng-klik atau simbol
Di sini juga kita bisa mengedit, menduplikat soal dan jawaban yang telah dibuat

8. Setelah semua soal sudah kita tulis maka langkah selanjutnya adalah klik
9. Klik “rentang kelas/grade range” lalu klik subjek “history” untuk mata pelajaran sejarah, dan selec topic. Terakhir klik "save detail" lalu silahkan mainkan quizizz nya….

C. Tahap 3 Memulai Quizizz
Tahap ke tiga ini adalah tahap inti, karena adanya interaksi yang menyenangkan antara guru dan peserta didik. Langkah-langkah tahap tiga memulai quizizz yaitu:
1. Silahkan masuk ke https://quizizz.com/admin atau langsung memainkan dengan meng-klik “live game”
2. Lalu klik “proceed”
3. Selanjutnya minta peserta didik untuk membuka HP android mereka dan masuk ke link https://quizizz.com/join/ lalu ketikan angka/kode game seperti dibawah ini.
Tunggu sampai nama-nama peserta didik masuk atau tercantum di layar, setelah itu klik “START”
4. Setelah kuis selesai, kita akan bisa langsung menerima laporan dan mengunduhnya

Tahap tambahan
Quizizz ini juga bisa di mainkan di rumah atau “homework”
Kemudian klik “proceed” dan infokan “game code homework” ke peserta didik

Bagi saya, permainan interaktif quizizz ini adalah web tool yang paling mudah dibuat dan dimainkan dibandinkan dengan web tool serupa seperti kahoot, selain lebih menarik dan menegangkan bagi peserta didik, quizizz ini juga memiliki jumlah penulisan karakter huruf yang lebih banyak dibandingkan web tool serupa, sehingga memudahkan pendidik untuk menulis soal dan jawaban khususnya bagi mata pelajaran yang menggunakan penulisan karakter huruf yang banyak seperti mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu soal cerita dan lain-lain.

Selain jumlah karakter huruf yang lebih banyak, quizizz juga memiliki batas waktu yang lebih lama bagi peserta didik untuk berpikir mengerjakan sebuah soal, sehingga jika quizizz ini di pakai untuk mengerjakan soal matematika atau soal hitung-menghitung yang lain, dan akan membuat peserta didik lebih fokus terhadap penyelesaian jawaban yang dikehendaki alias tidak terburu-buru merasa dikejar waktu.

Quizizz juga memiliki menu homework yang tidak ada web tool permainan serupa, sehingga memudahkan guru untuk mengukur kemampuan peserta didik yang mungkin tidak bisa hadir di sekolah karena berbagai alasan.

Selain mempunyai kelebihan, web tool quizizz ini juga memiliki kekurangannya. Menurut saya, kekurangan quizizz ada dalam hal bahasa, karena fitur-fitur quizizz ini menggunakan Bahasa Inggris sehingga tidak semua pendidik bisa dengan mudah dan cepat untuk mempelajari dan menggunakannya, apalagi para pendidik yang tidak memiliki dasar pengetahuan bahasa Inggris atau para pendidik yang dikatakan sudah lanjut usia atau Bahasa sekarangnya pendidik “zaman old”.

Selain kekurangan dari web tool quizizz itu sendiri, ada kekurangan yang lain yaitu fasilitas yang dimiliki oleh sekolah. Tidak semua sekolah menyediakan fasilitas wifi buat peserta didik sehingga peserta didik harus menyediakan kuota pribadi untuk bisa mengakses quizizz ini, padahal terkadang tidak semua peserta didik memilikinya. Selama ini yang saya lakukan adalah dengan menanamkan nilai karakter “suka berbagi” sehingga peserta didik dengan senang hati membagikan kuotanya untuk temannya.

Saya berharap ada aplikasi serupa bahkan lebih baik dari quizizz yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia, yang bisa kami gunakan secara gratis, mudah, dan menyenangkan agar pembelajaran bisa diikuti dengan baik dan menyenangkan, sehingga menghasilkan output perserta didik yang berkualitas dan berintegritas. Dan semoga di semua sekolah disediakan fasilitas wifi di dalam kelas untuk proses belajar mengajar di era milenial ini.

Semoga sedikit pengalaman menemukan inovasi dalam “Membuat soal ulangan harian dengang web tool Quizizz” ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih. Salam literasi.

Oleh : Euis Nela, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal USBN Sejarah Indonesia T.P 2017-2018

Berikut Soal USBN Sejarah Indonesia T.P 2017-2018 . Semoga bermanfaat : Memuat...